Wednesday, August 1, 2007

Agustus "Part I"

Hini rabu tanggal 1 agustus 2007, warga indonesia secara otomatis akan merayakan hari kemerdekaan ini. tahun ini indonesia sudah berumur 62 tahun sudah banyak peristiwa yang menemai perjalanannya. memang di usia yang 62 tahun ini indonesia sudah berkembang sangat pesat, dari segi ekonomi, pilitik, budaya, serta pendidikan yang semakin hari semakin mahal.

Proklamator Ir Soekarno yang membacakan teks proklamasi pun sudah lama meninggal dunia dan telah dimakamkan diblitar, setelah itu pun Moh Hatta orang yang ikut menandatangani teks itu juga sudah meninggal. sampai sekarang dua tokoh proklamator itu masih diagung-agungkan oleh masyarakat. setiap bulan agustus seperti ini masyarakat indonesia biasanya sering mengadakan beberapa acara seperti lomba, hiburan, dan beberapa acara yang menunjukkan rasa nasionalisme. Agar masyarakat Indonesia mempunyai rasa nasionalisme seperti Proklamator kita.
teks proklamasi yang telah ditandatangai dan dibacakan oleh soekarno sekarang sudah mulai didengungkan lagi oleh masyarakat. tempat yang dulu untuk ploklamir kemerdekaan pun sekarang sudah dibangun megah.


sejarah telah ada dan banyak dituliskan oleh para sejarahwan, dari profil pahlawan sampai pejalanan kemerdekaan Indonesia pun sudah banyak biarpun ada beberapa fersi yang beberbeda agar masyarakat dan generasi muda dapat mengingat para pahlawan yang berjuang untuk negara Indonesia ini.

globalisasi pun sudah bergema dari segala bidang tidak lepas juga dalam bidang pendidikan globalsasi sudah sangat merasuk dan mempengaruhi generasi muda rasa nasionalisme semakin pudar karena generasi muda sudah jarang sekali membaca buku-buku pahlawan yang ada. saat ini pahlawan yang mereka kenal adalah tokoh-tokoh animasi yang diciptakan orang-ornag barat. memang ada beberapa yang masih menekuni baca buku pahlawan kita tapi dalam kenyataan dilapangan mereka pun seakan meninggalkan jasa pahlawan Nasional.

apakah kita harus menyalahkan globalisasi yang tidak mungkin dihindari ini, atau kita merenung lagi apa yang sebenarnya terjadi dikehidupan bangsa ini. apakah kita harus mulai dari awal lagi itu tidak mungkin, ataukah negara kita belum lepas dari pejajahan yang telah bermetamorfosis ini.

untuk semua masalah itu tidak akan lepas dari dunia pendidikan yang semakin ruwet ini.





No comments: