Tuesday, August 7, 2007

Bendera "Agustus Part III"


Merah Putih bendera Negara Indonesia yang merupakan simbul dari semangat perjuangan Negara Republik Indonesia. Merah yang merupakan lambing dari keberanian dan semangat sedangakan keiklasanya atau suci dilambangkan dengan warna putihnya. Bendera yang ijahit oleh ibu Fatmawati yang merupakan istri pertama proklamator Ir Soekarno telah berhasil dikibarkan dengan semangat perjuangan dan perebutan yang sarat dengan pengorbanan pada tanggal 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur hari jumat pukul 10.00 wib.

Bendera yang pertama kali dikiarkan pada hari jumat itu mengartikan keberanian dengan jiwa yang suci melawan penjajah untuk memperjuangkan kemerdekaan. Pada waktu itu Indonesia yang sedang mengalami kekosongan kekuasaan telah dapat dimanfaatkan oleh para pemuda Indonesia untuk mengikrarkan kemerdekaan yang sempat terjadi polemik yang panjang di Rengasdengklok. Yang merupakan perpaduan pikiran dari Pemuda bentukan jepang BPUPKI dan Pemuda golongan muda BPKI. Perdebatan yang berbuntu ke penculikan soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok untuk merumuskan teks proklamasi yang diikrarkan pada 17 Agustus 1945 itu merupakan awal dari perjuangan Indonesia.
Bendera yang dikibarkan sebagai pemersatu seluruh bangsa Indonesia yang merasakan senasib dan sepenanggungan bersatu padu dan saling membantu mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang baru saja diikrarkan. Sehingga apa yang menjadi tanggungan bangsa Indonesia dapat dirasakan bersama.
dalam perjalanan Indonsia Merdeka yang ke 62 tahun ini sudah banyak sekali masalah-masalah yang sudah teratasi dan yang belum diatasi sama sekali.


No comments: