Tuesday, August 7, 2007

Dalam Pencarian

Semuanya yang kita rasakan sama, keyakinan, rasa yang bernama cinta tidak lepas untuk di maknai. Tapi, saya sendiri beranggapan bukanlah sebuah hal penting untuk menjelaskan atau menafsirkan cinta. Tetapi harapan yang ada karena cinta itu sebuah perubahan yang terus berbuah kebahagiaan yang abadi entah itu sekarang atau kelak. Kecocokan dan sepemikiran yang merupakan awal dari tumbuhnya benih cinta dalam diri manusia.

Memang, cinta adalah rasa sesuatu yang abstrak tak dapat di raba tetapi bisa di lihat. Bisa di lihat dari sikap dan perbuatan serta pengorbanan. Sebab saya juga berkeyakinan bahwa cinta punya power untuk menggerakkan yang lemah menjadi kuat yang sehari-hari terlihat dungu bisa berubah menjadi jenius. Inikah kekuatan cinta yang sangat dasat itu, dengan menjanjikan ketenangan hati dan kebahagiaan cinta sulit sekali dipelihara dan dijaga.
Saya sendiri pernah merasakan dunia begitu gelap saat makna cinta belum ada dalam diri ini. Kehidupan saya menjadi amburadul, seenaknya sendiri tanpa memperhatikan peraturan yang ada dalam masyarakat. Ketika itu saya mencintai seorang gadis lugu yang cantik dan terlihat begitu anggun juga sederhana dengan jilbabnya, tetapi saya merasa sangat terpukul ketika saya tidak mendapatkanya dan mendapati dia telah mencintai orang lain yang lebih segalanya dari saya.
Sebenarnya, dia disukai juga pria lain bisa dibilang seniornya di kampus, jika di nalar dengan logika yang jernih dan objektif, bukanlah sesuatu yang harus di sesali dan melarutkan diri dalam kekecewaan tetapi itulah cinta. Mungkin benar yang di lantunkan Agnes Monica dalam salah satu lagunya, cinta tak ada logika. Namun, dalam kacamata saya hari ini, logika bisa mengendalikan cinta, inilah cinta yang mencerminkan kedewasaan ketika cinta masih berada di dalam kendali logika.
Membiarkan diri hanyut dalam imajinasi bahwa cinta adalah keindahan sejati merupakan kesimpulan keliru dan fatal. Hal ini bisa berefek pada depresi, stres bahkan lebih jauh bisa menyebabkan bunuh diri. So, saya peringatkan silahkan jatuh cinta tetapi jadilah raja terhadap cinta itu. Jangan biarkan pisau cinta menusuk mata anda sehingga anda buta dan tidak bisa melihat dengan mata yang jernih sebab banyak hal di bumi ini yang menuntut "mata yang selalu awas".
Setelah adanya cinta dalam diri manusia sampai saya memaknai dengan arti yang lain, secara otomatis cinta itu menumbuhkan perasaan hampa dalam kesendirian yang sangat dalam dunia gelapku ada beberapa masalah yang harus dipilah-pilah dengan sangat teliti.



No comments: